MEDIA PEMBELAJARAN

junedelhalim@ymail.com
BAB I
PENDAHULUAN

Pada dasarnya media yang banyak digunakan untuk kegiatan pembelajaran adalah media komunikasi. Oleh karena itu, dalam pembahasan taksonomi ini akan digunakan taksonomi yang dikemukakan oleh Haney dan Ulmer (1981).
Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam pengklasifikasian ini. Salah satu cara diantaranya dengan menekankan pada teknik yang dipergunakan dalam pembuatan media tersebut. Sebagai contoh, seperti gambar, fotografi, rekaman audio, dsb.
Ada pula yang dilihat dari cara yang dipergunakan untuk mengirimkan pesan. Contoh, ada penyampaian yang disampaikan melalui siaran televisi dan melalui optik. Berbagai bentuk presentasi media yang kita terima, membuat kita sadar bahwa kita menerima informasi dalam bentuk tertentu. Pesan-pesan tersebut dapat berupa bahan cetakan, bumi, bahan visual, gerakan, atau kombinasi dari berbagai bentuk informasi ini. Masih banyak ciri yang mebedakan media yang satu dengan yang lain, sehingga tidak lah mudah untuk menentukan apa yang termasuk dan apa yang tidak termasuk media. Sebagai contoh, beberapa ahli membedakan antara media komunikasi dan alat bantu komunikasi. Selain alat-alat pembelajaran yang sederhana, masih ada beberapa teknik atau sistem pembelajaran yang sedemikian kompleks, sehingga jauh melebihi pengertian media yang biasa kita gunakan. Sebagai contoh, simulator, pengajaran dengan bantuan komputer, mesin pembelajaran, dan permainan pendidikan.
Untuk keperluan pengklasifikasian media, yaitu pertama-tama harus diketahui Sifat umum apa yang dimiliki oleh berbagai media seperti buku, slide, rekaman audio, yang orang mengenali benda-benda tersebut sebagai bentuk media jawabannya terletak pada fungsinya, yaitu apa yang dilakukuan dan bagaimana cara melakukannya. Semua menyampaikan pesan yang disusun kedalam bentukk informasi audio visual yang dasaratau pun lebih. Menurut Rudy Brezt ada 5 bentuk dasar informasi yaitu gambar, cetakan, grafik garis, suara dan gerakan.
Karena masing-masing mewakili bentuk penyampaian informasi yang berbeda-beda, kita akan menyebutnya sebagai bentuk penyajian. Istilah ini diberikan oleh DonaldT. Tosti dan John R. Ball. Karena itu semua media yang menyampaikan pesan melaluibentuk-bentu ini akan disebut media penyaji.
Menurut bentuk informasi yang digunakan, kita dapat memisahakan dan mengklasifikasi media penyaji dalam 5 kelompok besar, yaitu media visual diam, mediavisual gerak,  media audio, media audio visual diam, dan media audio visual gerak. Kemudian dapat kita teliti media ini untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu kita terima, apakah melalui penglihatan langsung, proyek optik, proyeksi elektronik atau telekomunikasi. Kita akan keempat cara ini sebagai cara penyajian dan sebuah media. Dengan menganalisis media melalui bentuk penyajian dan cara penyajiannya, kitamendapatkan suatu format kulifikasi yang meliputi 7 kelompk media penyaji, yaitu : (a)kelompok kesatu ; grfis, bahan cetak, dan gambar diam, (b) kelompok kedua ; mediaproyeksi diam, (c) kelompok ketiga ; media audio, (d) kelompok keempat ; media audio,(e) kelompok kelima ; media gambar hidup atau film, (f) kelompok keenam ; mediatelevisi, dan (g) kelompok ketujuh ; multimedia. Perlu kita ingat bahwa masih ada media lain yang tidak termasuk media penyaji yaitu: media objek dean media interaktif. Kedua media ini akan dibicarakan secara khusus setelah selesai membahas masing-masing ketujuh kelompok media penyaji.



BAB II
PEMBAHASAN

MEDIA GRAFIS, BAHAN CETAK, DAN GAMBAR DIAM

A. Media grafis
Media grafis merupakan media visual yang menyajikan fakta, ide dan gagasan melalui kata-kata, kalimat, angka-angka, dan berbagai simbol atau gambar. Media ini berfungsi menyalurkan pesan dari sumber pesan ke penerima pesan.
Media grafis mengutamakan indra penglihatan dengan menuangkan pesan simbol komunikasi visual dan simbol pesan yang perlu dipahami. Sedangkan fungsi Media Grafis adalah sebagai berikut :
1.      Menarik perhatian.
2.      Menjelaskan sajian ide.
3.      Mengilustrasikan fakta yang cepat dilupakan sehingga mudah diingat bila di ilustrasikan secara grafis atau melalui proses visualisasi.
4.      Sederhana dan mudah pembuatannya.

Berikut adalah beberapa hal yang termasuk kedalam media grafis.
1.      Grafik yaitu penyajian data yang berangkat melalui perpaduan angka, garis, dan simbol.
2.      Sketsa yaitu sebuah gambar sederhana atau draf kasar yang melukiskan berbagai bagian pokok tanpa detail-detail khusus.
3.      Diagram yaitu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlhatkan hubungan timbal balik, yang biasanya disaji melalui garis-garis simbol.
4.      Poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, mencolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian.
5.      Bagan atau chart, yaitu gambaran sederhana dengan menggunakan garis dan simbol. Bisa juga bagan dinyatakan  sebagai menggambarkan struktur suatu object secara garis besar, atau bisa juga didefinisikan sebagai hubungan diantara komponen atau sifat proses yang ada.
6.      Papan flanel yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula di lepas.
7.      Bulletin board yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel dan gambar atau tulisannya langsung ditempel ke papan dengan lem atau alat perekat lainnya.

Kelebihan dari media grafis adalah dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
Sedangkan kekurangan dari media grafis adalah membutuhkan ketrampilan khusus dalam keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih rumit dan penyajian pesannya berupa unsur visual saja.

B. Bahan Cetak
Bahan cetak merupakan media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan, yang menyajikan berbagai pesan melalui haruf dan gambar-gambar ilustrasi. Fungsinya, sebagai penjelas pesan atau informasi yang disajikan.
Contoh media bahan cetak adalah :
1.      Buku teks
2.      Modul dan
3.      Bahan pengajaran atau buku panduan yang sudah disusun sedemikian rupa agar bisa memberikan penjelasan atau pembahasan tentang materi yang ingin disampaikan.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cetak.
Kelebihannya adalah dapat menyajikan pesan dan informasi dalam jumlah yang banyak. Pesan dapat di pelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
Kekurangan dari media cetak adalah proses pembuatannya memakan waktu cukup lama karena melalui proses percetakan, bahan cetak yang kadang kala cukup tebal membuat anak didik merasa malas mempelajarinya. Terkadang media behan cetak cepat rusak dan robek jika kualitas cetakan dan kertas yang digunakannya buruk.

C. Gambar Diam
Media gambar adalah media visual yang dihasilkan  melalui proses fotografi. Media ini memiliki keunggulan yang diantaranya sudah umum digunakan, mudah dimengerti, dapat dinikmati, mudah dan murah didapatkanatau dibuat, dan banyak memberikan pejelasan  dari pada menggunakan media verbal.
Media gambar atau foto berbeda dengan media verbal atau penyampaian materi melalui lisan dalam hal hasil yang diharapkan. Media gambar mampu memberikan detail dalam bentuk gambar apa adanya, sehingga anak didik mampu mengingatnya dengan lebih baik dibandingkan dengan media verbal. Selain itu media gambar atau foto juga bisa memecahkan masalah yang ada dalam media oral dan verbal, yakni dalam hal keterbatasan daya ingat dalam bercerita  atau menjelaskan sesuatu dalam hal ini, bisa jadi saat menyampaikan materi dengan media verbal ada hal-hal yang masih tercecer dan terlupakan.
Selain kelebihan tersebut, media gambar dan foto mempunyai kelebihan yang lain yaitu :
1.      Sifatnya yang kongkrit.
2.      Mengatasi ruang dan waktu.
3.      Mengatasi keterbatasan pengamatan.
4.      Memperjelas suatu sajian masalah.
5.      Serta murah.
6.      Mudah didapatkan dan.
7.      Bisa digunakan dengan mudah.

Akan tetapi media gambar dan foto juga mempunyai kelemahan yaitu:
1.      Menekankan persepsi indra mata
2.      Benda terlalu komplek dan kurang efektife dalam pembelajaran
3.      Serta ukurannya terbatas untuk kelompok yang besar sehingga kapasitasnya kurang.

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat :
1.      Harus autentik.
2.      Bersifat sederhana.
3.      Berukuran relatife.
4.      Mengandung gerak dan perbuatan.
5.      Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar.

D. Beberapa Media yang Praktis dan Aplikatif.
Selain beberapa media yang telah di jelaskan sebelumnya, ada beberapa media yang menjadi cakupan dari ketiga media tersebut, yang sangat praktis dan aplikatif  untuk dijadikan media pengajaran. Media tersebut adalah:
1.      Flipchart.
2.      Flashcard.
3.      Flanelgraf.
4.      Bulletinboard

1. Flipchart
            Flipchart adalah lembaran kertas berbentuk album atau kelender yang berukuran agak besar sebagai flipbook, yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya. Lembaran kertas tersebut dapat dijadikan sebagai media pengajaran dan pembelajaran, dan mungkin dianggap sebagai pengganti papan tulis jika proses pengajarannya berada diluar ruangan kelas. Jika lembaran demi lembaran tersebut sudah habis terisi dengan pesan pengajaran, maka lembaran itu bisa dibalik, kemudian lembaran di baliknya masih kosong tersebut bisa diisi dengan pesan pengajaran selanjutnya.
            Media flipchart  bisa diisi dalam bentuk huruf , gambar, diagram dan angka. Sedangkan penyajiannya harus disesuaikan dengan jumlah dan jarak maksimum siswa yang melihat flipchart.
            Media ini hanya bisa digunakan untuk kelompok siswa yang berisi 30 orang. media tersebut sangat mudah dan efesien dibuat dan digunakan.


2. Flash card
            Flash card merupakan segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran untuk menyampaikan informasi agar lebih jelas dari pada yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Sedangkan buku ajar merupakan suatu sajian dalam bentuk cetak yang disusun secara logis dan sistematis. Penguasaan kosakata adalah keberhasilan siswa dalam mengetahui kata-kata dalam Bahasa Inggris yang berwujud skor yang diperoleh.
Flanelgraf.

3. Flanelgraf.
Merupakan media pembelajaran yang berupa guntingan-guntingan gambar atau tulisan di belakangnya dilapisi dengan ampelas.

4. Bulletinboard
            Bulletinboard adalah papan yang khusus dipergunakan untuk mempertunjukkan contoh pekerjaan siswa, bagan, gambar, poster dan objek, dalam bentuk tiga dimensi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peradaban Pemikiran Islam Pada Masa Dinasty Muawiyyah, guna untuk menyelesaikan program mata kuliah pada pasca sarjana IAIN Malikussaleh.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP