RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMKN 2 LHOKSEUMAWE
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
KELAS/SEMESTER : XII/1
PERTEMUAN : 1, 2, 3, 4
ALOKASI WAKTU : 8X45 MENIT
I.
STANDAR KOMPETENSI : 2.1. memahami
ayat-ayat al-quran tent2.1. memahami ayat-ayat
II.
KOMPETENSI DASAR : 2.1.1. Mmembaca Q.S al-quran Mujadalah ; 11
dan Q.S al-Jumaah;
9-10.
2.1.2.
menjelaskan Q.S al-quran mujadalah; 11 dan Q.S al-quran al-
Jumuah ; 9-10
III.
INDIKATOR :
·
Mampu membaca
al-quran almujadilah ;11 dan al Jumuah 9-10 dengan baik dan benar
·
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. ;11 dan al Jumuah 9-10
·
Mampu mengartikan dan menterjemahkan Q.S ;11 dan al Jumuah 9-10
·
Mampu mengidentifikasi prilaku etos kerja sesuai dengan ayat ayat
tersebut
·
Mampu mempraktek prilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam Q.S ;11 dan al
Jumuah 9-10
·
Mampu menunjukkan prilaku etos kerja sesuai dengan Q.S ;11 dan al
Jumuah 9-10
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Pertemuan
ke-I :
·
Siswa dapat membaca QS
.AL-mujadilah;11 dan QS.AL- jum ah;9-10
·
Siswa dapat meng indetiikasi
tajwid QS .AL-mujadilah;11 dan QS.AL- jum ah;9-10
·
Siswa dapat menyebutkan arti QS .AL-mujadilah;11 dan
QS.AL- jum ah;9-10
·
Siswa dapat menyimpulkan kandungan
isi QS .AL-mujadilah;11 dan QS.AL- jum ah; 9-10
Pertemuan
ke-II :
·
Siswa mampu mengidentifikasi
tentang keunggulan orang yang beriman dan berilmu
·
Siswa mampu mengidentifikasi
perbuatan yang mendorong agar rajin beribadah dan giat bekerja
·
Siswa mampu menunujkkan perilaku
tentang keunggulan orang yang beriman dan berilmu
V.
MATERI PEMBELAJARAN:
Q.S AL
MUJADALAH
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sÎ) @Ï% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿt ª!$# öNä3s9 ( #sÎ)ur @Ï% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùöt ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uy 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×Î7yz ÇÊÊÈ
11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:
"Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah
akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah
kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang
beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.
dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Q.S AL-JUMUAH
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sÎ) ÏqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqt ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) Ìø.Ï «!$# (#râsur yìøt7ø9$# 4 öNä3Ï9ºs ×öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ #sÎ*sù ÏMuÅÒè% äo4qn=¢Á9$# (#rãϱtFR$$sù Îû ÇÚöF{$# (#qäótGö/$#ur `ÏB È@aôÒsù «!$# (#rãä.ø$#ur ©!$# #ZÏWx. ö/ä3¯=yè©9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÊÉÈ
9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan
shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah
jual beli[1475]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
10. apabila
telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah
karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
[1475]
Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazzin telah azan di hari
Jum'at, Maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan
meninggalakan semua pekerjaannya.
VI.
METODE PEMBELAJARAN:1. Informasi
2.
Tanya Jawab
3.
mempraktek
4.
Tugas Idividu
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE- I :
v Kegiatan Awal : Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri
siswa bahwa
Pengembangan diri hendaklah selaras antara
imtaq dan iptek.
v Kegiatan Inti :
·
Siswa mencatat Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah; 9-10
·
Siswa membaca Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah; 9-10
·
Siswa menyebutkan arti tajwid Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah;
9-10
v Kegiatan akhir :
·
Siswa mendengarkan penjelasan tentang kesimpulan Q.S al-Mujadilah ;11
dan Q.S al-Jumuah; 9-10
·
Pelajaran ditutup dengan doa
PERTEMUAN KE-II :
v Kegiatan Awal : Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri siswa.
v Kegiatan Inti : Siswa menghafal Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah;
9-10
v
Kegiatan Akhir : pelajaran
ditutup dengan doa
`` PERTEMUAN KE-III
v Kegiatan Awal : Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri siswa
bahwa
Pengembangan diri hendaklah selaras antara
imtaq dan iptek
v Kegiatan Inti : Siswa menghafal Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah;
9-10
v
Kegiatan Akhir : pelajaran
ditutup dengan doa
PERTEMUAN KE-1V
v Kegiatan Awal : Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri siswa
bahwa
Pengembangan diri hendaklah selaras antara
imtaq dan iptek
v Kegiatan Inti : Siswa menjawab soal tentang Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah; 9-10
v Kegiatan Akhir : pelajaran ditutup dengan doa
VIII.SUMBER BELAJAR :
a.
Buku paket Pendidikan agama Islam SMA Kelas XII Penerbit Erlangga, Hal.
19-29
b.
Al-Quran dan Terjemahan
ULANGAN PRAKTEK PERTEMUAN KE-5 DAN KE-6
menghafal Q.S al-Mujadilah ;11 dan Q.S al-Jumuah; 9-10
o
Skor Tes
1. Membaca lancar dan baik =
80-90 = A
2. Membaca lancar kurang baik = 70-79 = B
3. Membaca terbata-bata =
60-69 = C
4. Membaca terbata-bata dengan bantuan guru = 50-59 =D
5. Tidak dapat membaca =
<50 = E
IX. PENILAIAN
a.
Tes Tulis (pertemuan Ke-I)
1. Jelaskan kesimpulan dari Q.S Al-Jumuah;
9-10
2. Kemukakan alasannya, bahwa orang beriman
beramal shaleh dan berlimu lebih tnggi derajatnya dari orang yang beriman dan
beramal shaleh tetapi tidak berilmu
3. Jelaskan kesimpulan dari Q.S al-Mujadilah ayat 11 !
4.
Orang yang mengaku Beragama Islam bila mengingkari kewajiban shalat
jumat dianggap sebagai……………
Kunci Jawaban
1. - Seruan terhadap orang-orang beriman
untuk melaksanakan shalat Jumat
-
Bila shalat jumat telah selesai maka umat Islam hendaknya melakukan
kembali berbagai kegiatan kerja yang baik dan diridhai oleh Allah
2. Karena dengan ilmu seseorang bisa beriman
dan beramal shaleh sedangkan orang yang tanpa ilmu tidak akan bisa beramal
shaleh dan beriman kepada Allah dengan benar seperti yang Allah perintahkan
3. – suruhan untuk memberikan kelapangan
kepada orang lain dalam majelis ilmu, zikir majelis
yang sifatnya mentaati Allah dan Rasulnya
-
Bila disuruh mengerjakan pekerjaaan baik dan di ridhai Allah kerjakanlah
suruhan dengan niat ikhlas dan sesuai dengan ketentuaqn syara’
-
Penegasan Allah bahwa orang yang beriman, beramal shaleh, dan berilmu
pengetahuan lebih tinggi derajatnya dari pada orang bermal shaleh, tetapi tidak
berilmu pengetahuan
4. murtad
PEDOMAN PENILAIAN:
Nomor 1` = skor 30
Nomor 2 = skor 20
Nomor 3 = skor 40
Nomor 4 = skor 10
Komentar
Posting Komentar